Kita saat ini sudah memasuki era 4G dan dalam hitungan 2 sampai 3 tahun ke depan kita akan memasuki era 5G. Wifi hari ini sudah menjadi kebutuhan pokok.

Dari hal kecil sampai hal besar kita sudah terbiasa lakukan melalui smartphone dengan jaringan data 4G atau Wifi.

Belanja online adalah contoh yang paling umum kita lakukan .

Beli makanan online , kirim barang online , naik angkutan mobil atau motor online via Grab atau Gojek adalah hal yang sudah umum kita lakukan.

Hari ini ketinggalan dompet tidak menjadi masalah . Ketinggalan smarphone yang menjadi masalah karena mendengarkan musik lewat spotify di smartphone, menonton video di smartphone, main game di smartphone ,mengambil foto dan merekam video di smartphone , menerima dan membalas email di smartphone , berkomunikasi via whatsapp di smartphone , bermain media sosial seperti Instagram , Tiktok di smartphone , digital money seperti Ovo , Gopay , Shopee Pay ada di smartphone , mau beli makanan atau mau naik transportasi ada Grab atau Gojek. Otomatis smartphone menjadi sangat penting dalam hidup .

Karena internet yang cepat kita tidak bisa mengambil keuntungan besar besaran atas barang yang kita jual. Misalnya kita jual sebuah baju di Jakarta seharga Rp. 200 ribu , baju yang sama kita kirim ke Papua dan kita coba markup menjadi 400 ribu rupiah . Nga akan terjual karena orang di Papua pasti akan menggunakan smartphonenya untuk mengirim video dan foto baju tersebut ke temannya di Jakarta dan temannya mengatakan di Jakarta harganya cuma Rp. 200 ribu.

Internet makin cepat , informasi yang beredar makin cepat dan kemungkinan untuk bisnis dengan margin besar makin kecil .

Yang jualan di toko saja sudah menyerah karena setiap buka harga barang pasti dibandingkan pembeli dulu dengan data barang yang sama di Tokopedia atau di Shopee.

Permasalahan utama dengan internet yang makin cepat adalah apakah perusahaan anda sudah siap ?

Apakah sistem pengolahan data perusahaan anda dari pembelian , penjualan sampai penagihan masih menggunakan software akuntansi yang umum digunakan yang tidak bersifat real time dan data olahan yang anda peroleh adalah data seminggu lalu , sebulan lalu. Menggunakan data yang sudah basi untuk mengambil keputusan itu sama dengan mempercepat bisnis bangkrut.

Bila anda butuh konsultasi anda bisa hubungi kami di :

info@konsultansolusi.com

Whatasapp : 0821 8732 8732