Dahulu kita dengan modal Rp. 10 juta sudah bisa yakin mendapatkan untung minimal Rp.1 juta. Minimal 10 persen sudah menjadi untung bersih kita.

Saat ini kalau kita memulai bisnis , modal Rp. 1 milyar paling mendapatkan untung bersih Rp. 10 juta .

Modal 10 milyar paling mendatangkan untung Rp. 100 juta.

Banyak yang membuat kafe dengan modal mewah , namun keuntungan dari bisnis kafe ternyata sangat kecil.

Banyak yang memulai bisnis tapi marginnya ternyata tipis karena semua orang kalau membeli sesuatu selalu mengecek harga ke tokopedia atau shopee. Untuk barang teknik orang mengecek harga ke alibaba. Sehingga pedagang tidak bisa seenaknya menetapkan harga dengan untung besar.

Bisnis dengan model besar seperti bisnis jualan smartphone juga hanya memberikan margin keuntungan sekitar 2 persen , bahkan 0,8 persen.

Bisnis harus dimulai dengan cara yang benar. Harus ada sistem akuntansi yang benar , sehingga semua tercatat dengan benar sehingga laba atau rugi diketahui secara tepat.

Bisnis juga harus melakukan audit internal secara rutin untuk mencegah kebocoran internal karena saking banyaknya hal yang berjalan sesuai kebiasaan tapi belum tentu benar secara sistem akuntansi.

Dengan margin bisnis yang makin hari makin tipis , manajemen akuntansi adalah kunci utama untuk mengendalikan biaya supaya duit tidak disawer sawerin karena bisnis belum tentuk pakai uang sendiri , seringkali pinjam uang bank dengan jaminan aset. Konyol kalau uang yang disawer sawerin uang pinjaman bank dengan resiko kehilangan aset pribadi.

Kami bisa membantu anda jika anda butuh konsultasi :

info@konsultansolusi.com

Whatasapp : 0821 8732 8732

http://www.konsultansolusi.com