Cara Berpikir Menentukan Suksesnya Perusahaan

Lampu hemat energi adalah lampu yang populer digunakan di Indonesia dari kota besar sampai pelosok pedesaan semua sudah menggunakan lampu hemat energi. Dulu beberapa tahun yang lalu di pedesaan masih menggunakan lampu bolam pijar yang berwarna kuning , namun sekarang jika anda menjelajahi pedesaan maka  lampu yang dipakai adalah lampu hemat energi.

Ada ratusan merek lampu hemat energi yang beredar di pasaran baik merek lokal , merek china ataupun merek eropa.

Diantara merek lampu hemat energi yang menonjol adalah lampu Philips dan lampu Osram.  Lampu Philips populer di Indonesia namun untungnya belum menjadi sebutan pengganti lampu seperti kita menyebut Aqua sebagai pengganti sebutan air mineral.

Pada dasarnya lampu hemat energi mulai memperkenalkan konsep garansi 1 tahun untuk menukarkan lampu yang mati sejak produk lampu hemat energi merek china masuk ke Indonesia.

Produsen lampu merek eropa yakni lampu Osram pun juga segera mengadopsi konsep garansi penukaran 1 tahun sejak tanggal beli kalau lampu mati.

Praktek garansi lampu hemat energi ini telah menjadi pengetahuan umum dan terjadi di semua merek lampu hemat energi kecuali lampu Philips.

Dengan semakin populernya lampu hemat energi , konsumen sudah tidak peduli merek lampu hemat energi lagi asalkan memberikan garansi 1 tahun dan kalaupun konsumen mempedulikan merek lampu hemat energi pastilah mencari lampu hemat energi bermerek yang memberikan garansi  1 tahun

Lampu Philip sebagai pemimpin pasar di Indonesia akhirnya goyah juga kena terpaan gelombang garansi  1 tahun ini.

Semboyan lampu Philips “ terus terang Philips terang terus” ibarat pepesan kosong jika dibandingkan dengan kualitas lampu Philips.  Saya sendiri mengalami pernah membeli lampu hemat energi Philips sampai 50 buah dan dalam waktu kurang dari 1 tahun hampir 50 persennya putus dan mati. Sayangnya waktu itu belum ada garansi lampu 1 tahun.  Entah karena lampu Philips adalah merek lampu populer sehingga dipalsukan atau terjadi impor parallel oleh pedagang besar.

Lampu Philips pun memunculkan iklan di televisi yang hanya bertuliskan lampu Philips bergaransi tanpa memberikan embel embel syarat dan aturan mainnya.

Lampu Philips masih malu malu untuk menyatakan bahwa lampu Philips akhirnya mengikuti arus permainan dengan memberikan garansi  dan lampu Philips masih sombong dengan tidak memberikan detail apapun tentang syarat garansi di iklan televisi tersebut.

Lampu Cosmos malah secara terang terangan menonjolkan kelebihan garansi 1 tahun tanpa embel embel syarat bon pembelian dan kotak kemasan lampu dalam iklan televisi lampu Cosmos sebagai strategi menerobos pasar dan mencuri pangsa pasar lampu hemat energi.

Lampu Philips malah ternyata memberikan embel embel syarat garansi 1 tahun yang ribet dan berbelit belit dan mengharuskan untuk melampirkan bon pembelian serta hanya berlaku untuk pembelian di toko listrik dan toko lampu serta tidak berlaku untuk pembelian di ritel modern seperti  supermarket  , hipermarket atau minimarket.

Berarti kalau mau aman sebaiknya membeli lampu hemat energi merek apapun  di toko lampu atau toko listrik untuk mendapatkan garansi 1 tahun dan jangan pernah membeli lampu hemat energi merek apapun di ritel modern seperti supermarket,hipermarket,minimarket.

Berikut link syarat garansi lampu Philips ;

http://www.philips.co.id/e/promo/promotions/home-lighting/PhilipsWarranty.html

Namun syarat  seperti harus melampirkan bon pembelian adalah satu kelemahan dari lampu Philips jika ingin memenangkan persaingan karena mayoritas masyarakat pasti membuang bon pembelian lampu hemat energi mereka.

Diposisi ini , merek lampu hemat energi yang tidak mensyaratkan bukti bon pembelian untuk menukar lampu hemat energi yang mati seperti merek Cosmos pastilah memiliki peluang memenangkan persaingan di pasar lampu hemat energi.  Toh , pada dasarnya setiap membeli lampu hemat energi pastilah tanggal pembelian dituliskan langsung di lampu hemat energi dengan menggunakan spidol anti hapus oleh toko penjual dan pastilah konsumen menukarkan lampu hemat energi yang mati dalam masa garansi ke toko listrik atau toko lampu langganan tempat si konsumen membeli lampu tersebut.  Jadi apa yang ditakutkan lampu Philips dengan mensyaratkan bon pembelian sebagai syarat penukaran lampu garansi ?  Impor paralelkah yang ditakuti lampu Philips sehingga lampu Philips takut lampu yang ditukarkan toko adalah produk impor parallel ?

Pada dasarnya selama lampu Philips masih malu malu dalam memberikan garansi dan masih sombong dalam meberikan garansi dengan berbagai syarat yang ribet , maka pangsa pasar lampu Philips hampir dipastikan akan direbut oleh merek lain yang mampu memberikan pelayanan garansi yang lebih terbuka dan manusiawi.

Berikut adalah komentar konsumen tentang iklan lampu LED Philips bisa tahan sampai 15 tahun , benarkah ?

http://www.kaskus.co.id/thread/521adacd19cb178421000001/iklan-led-philips-menyesatkan/

Semua orang bisa menjadi ahli pemasaran secara otodidak tanpa harus kuliah dan tanpa harus memperkaya orang orang yang mengaku sebagai ahli pemasaran melalui seminar dan pelatihan untuk menguras kocek anda.

www.konsultansolusi.com

Iklan

Comments on: "Lampu Philips mulai kalah dalam persaingan namun masih sombong" (15)

  1. saya juga tidak merekomendasikan lampu philips di kantor saya, pernah dulu waktu pengadaan lampu beli 1800pc’s ada sekitar 90lebih yg tidak bisa di pakai dan tidak bisa ditukarkan,akhirnya saya rekomendasikan dengan lampu panasonic dengan watt yag sama dan harga yang sangat berbeda jauh

  2. cosmos lebih memuaskan dan berkualitas, kantor saya juga beralih ke cosmos. karena betul betul bergaransi

  3. Lampu philips, panasonic, osram, hannochs, ciyoda, economat.. khusus yg hemat energi ya..

    Philips
    produk bagus tapi paling gampang matek tu ya philips, bukan menjelekan yo kenyataan apalagi yg produk hematnya sitrang dos putih tu yo cepet matek, ga jauh beda ma lampu yg 10 ribuan merk abal2.

    Panasonic
    termasuk lebih awet dari philips, dengan watt yg sama harga lebih murah, tp yg dos hitam ya jngn yg dos putih niru2 produk hematnya philips, itu lebih parah seminggu matek.

    Osram
    termasuk produk bagus dan awet, tp ya itu harga diatas philips dan toko2 kecil jrng ada stoknya, kalau punya anggaran lebih bisa ambil ini produk.

    Hannochs
    produk murah bagus, garansi bagus, tp skrng sdh ga garansi lg sepertinya, saya barusan ambil yg led sudah tidak bergaransi.

    Ciyoda
    sebenarnya produk lokal yg bagus, saya sering pakai lampu pijarnya, apalagi dulu inovasi lampu hemat energinya paling keren, lampu ma ballast elektriknya lepasan, jadi salah satu rusak tdk harus beli utuh, tp sayang sejak pabriknya kolaps, produk lampu tersebut hilang dipasaran, sekarang mulai bangkit lagi dengan produk2 standarnya, pernah lihat produk Led nya, tapi harganya masih terlalu tinggi.

    Economat
    Produk lampu murah, kualitas sesuai dngn harga, kapan hari di toko lihat yg led harganya separonya led philips, yg 5watt cuma 25 ribu, agak ragu mau ambil, casing plastiknya agak ringkih, dari celah lubang2 pendingin terlihat minimnya komponen, mudah2an alasan saya salah dan tdk benar. ada yg pernah pakai ekonomat?

    • Osram aweeet tapi kualitas lampu mobil LED waktu malam hari hujan gak tajam sorotnyaaaaa. Aku baru beli LED Drive harganya lumyan 3jtaan ……hadooo nyesel pokoknya……

  4. Menurut saya tidak semua lampu philips jelek, kebetulan di rumah saya ada lampu philips yg masih menyala hampir 4 th, namun rata2 mati setelah 3 th pemakaian , kalo dilihat dari kualitas pencahayaan philips memiliki kekuatan cahaya yang sama dengan osram dengan watt yg sama, panasonic pada 5 bln pertama juga kuat, tp entah knp setelah bln ke 6 agak meredup, tp sampai 1 th masih nyala. Kalo cosmos ngga deh, baru 3 bln pake mati, diganti baru lg baru 2 bln mati lg, bye2 cosmos.

  5. beli lampu led philips sekitar 30 pcs utk rumah baru, belum sampai 6 bulan sudah rusak 5 pcs. kapok, mendingan lampu led merek lain

  6. Philipsnya yang asli gan skrang kan bnyk yg kw

  7. saya beli lampu led philips 4waat warna kuning…lampu ini aneh…klau pada siang hari sklar di pencet langsung on….tp knp klau pd mlm hari…lampu ini gak bs nyala…padahal voltage di rumah normal..dan lampu yg lain bs nyala dg normal…saya kecewa dg lampu PHILIIPS

  8. Setuju, saya baru mengalami beli lampu merek P, ini belum sebulan dah mati beli tgl 1 Sept tgl 26 Sept, tiwas. Dipakai untuk WC yang nyala-nya sekali-kali. Saya pikir ya sudah tidak apa2 soalnya pedagang bilang ada kabar gembira, sekarang Philip ada garansinya 1 tahun. Pas nukar kecewa pedagang bilang lampu bisa tukar tapi cuma 1x, kalau yang baru ini pulang lampu tiwas lagi ya dibuang aja.

  9. Lukmanul Hakim said:

    ” Lampu Philips populer di Indonesia namun untungnya belum menjadi sebutan pengganti lampu seperti kita menyebut Aqua sebagai pengganti sebutan air mineral”

    karena Philips bukan kata yg terus terang saja aneh bagi orang indonesia,,, nanti jadi “Pilip”,,, terdengar aneh,,, lagipula,,, Lampu ya Lampu, mau apa pun jenisnya,,,

    btw, istilah yg dipake di masyarakat adalah lampu neon,,, kalo lampu konvensional disebut lampu pijar,,,

  10. Lukmanul Hakim said:

    di daerah ane, lampu Philips sudah banyak yg tidak bergaransi lagi, meski di kemasan bertuliskan “bergaransi”,,, jadi ada dua suplier, yg ngasih garansi atau tidak,,, jadi bukan resmi dari philips, selisih harganya 10rb lebih murah dari yg bergaransi.

    lampu akan awet jika pemasangan yg benar,,, maksudnya kabel positif berada di tengah, dan negatif di pinggi (pada drat fitting lampu), jika terbalik, umur lampu bakal pendek.

    satu hal yg gk ane suka dari philips, dia voltage nya masih 220 – 260V,,, sedangkan kompetitor 110 – 230V, menurut ane di Indonesia ini Listrik PLN lebih sering Undervolt daripada Overvolt, jadi gk terlalu penting range sampai 260V, yg penting adalah < 220V, misal 110V – 230V atau 170V – 240V.

  11. nursiwan said:

    Saya juga nyesel beli lampu Philip, LED ngga sampe 6 bln udah mati hidup. Klaim ke supermarket besar terlalu berbelit-belit. Terima kasih sarannya utk tdk membeli di supermarket besar karena ngga mungkin kita menyimpan bon pembelian selama 1 tahun.

  12. Otomotive LED Osram memang awet dan tahan lama tapi kalau malam hujan itu memang lampunya gak terang….justru lampu yg Xenon yg bagussss

  13. Masukkan komentar Anda…gw beli led abal abal 3 watt sekitar 6rb sampai 10rb. 7 watt sekitar 12rb sampai 15rb. 12 watt sekitar 18rb sampai 22rb, lumayan awet sampai 2 thn msh ok. Pdhl dinyalakan dari petang sampai pagi. Gw paling suka merk dignity dan hinomaru. Krn lbh terang drpd merk lain. Tp kelemahan led abal abal, nyamuk pd masuk ke dlm casing lampu. Selain itu susah nyari yg di atas 15 watt.

  14. sulfian humonggi said:

    kalo di rumah saya lampu Philips yang 5 Watt putih itu sudah 10 tahun lebih.sangat kuat dan awet.saya paling suka lampu Philips.jauh beda dengan merek lampu lain.saya sudah buktikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: