Cara Berpikir Menentukan Suksesnya Perusahaan

Kasus klaim asuransi Ahmad Dhani atau klaim asuransi kecelakaan Dul ditolak oleh perusahaan asuransi tentunya menarik dikaji dari segi strategi pemasaran .

Dari kacamata hukum anak dibawah umur mengemudikan mobil adalah salah tapi dari kacamata pemasaran tentu berbeda karena pemasaran adalah seni .

Banyak berita bersliweran di media massa tentang klaim asuransi Ahmad Dhani yang ditolak .  Hal ini merupakan promosi  negatif bagi perusahaan asuransi jiwa tersebut  yang merugikannya dalam persaingan memperebutkan pangsa pasar .  Kalaupun akhirnya klaim asuransi dibayar setelah polemik berkepanjangan , tetap saja perusahaan asuransi jiwa tempat Ahmad Dhani mengajukan klaim sudah mengalami kerugian dalam hal strategi pemasaran karena winning the market is winning the mindset . Ibarat nila setitik sudah rusak susu sebelanga , hujan sehari menghapus kemarau setahun.

Jasa Raharja sebagi perusahaan asuransi kecelakaan milik pemerintah ternyata bersikap arif dengan mengerti  perilaku masyarakat Indonesia sehari hari sehingga tetap memberikan santunan kepada Dul anak Ahmad Dhnai sebagai korban kecelakaan lalu lintas.

Berikut berbagai berita yang bersliweran di media massa :

http://keuangan.kontan.co.id/news/klaim-dul-tak-cair-dhani-batalkan-semua-asuransi

http://finance.detik.com/read/2013/09/30/161637/2373441/5/asuransi-dul-tak-cair-ahmad-dhani-tutup-seluruh-polis-di-prudential

http://www.tribunnews.com/seleb/2013/09/30/klaim-biaya-berobat-dul-tak-dicairkan-inilah-tindakan-ahmad-dhani-pada-asuransi

http://finance.detik.com/read/2013/09/30/082554/2372754/5/ojk-panggil-prudential-terkait-masalah-asuransi-ahmad-dhani

http://www.tempo.co/read/news/2013/09/28/219517412/Ahmad-Dhani-Segera-Tuntut-Prudential

http://www.tempo.co/read/news/2013/09/26/064516925/Surat-Edaran-Prudential-Tentang-Klaim-Asuransi-AQJ

http://www.tempo.co/read/news/2013/09/28/064517429/Jawaban-Prudential-atas-Surat-Edaran-Klaim-AQJ

http://www.merdeka.com/uang/ini-alasan-prudential-belum-cairkan-klaim-asuransi-dul.html

http://www.merdeka.com/artis/ahmad-dhani-jasa-raharja-bayar-asuransi-karena-dul-korban.html

http://entertainment.kompas.com/read/2013/09/25/1453283/Biaya.Perawatan.AQJ.Tak.Ditanggung.Asuransi.Dhani.Kecewa

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/09/25/1735405/Prudential.Enggan.Berkomentar.soal.Asuransi.AQJ?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kekowp

Anda ikut asuransi jiwa tentu berarti anda percaya kepada perusahaan asuransi tempat anda membeli polis karena bisnis asuransi jiwa adalah bisnis kepercayaan baik kepercayaan kepada reputasi perusahaan asuransi jiwa maupun kepercayaan kepada agen asuransi yang menjual .

Ahmad Dhani membeli produk asuransi kecelakaan dari perusahaan asuransi jiwa untuk anaknya Dul tentunya dengan tujuan melindungi Ahmad Dhani dari resiko keuangan jika terjadi kecelakaan kepada anaknya . Itulah fungsi utama dari asuransi yakni melindungi kita dari resiko kerugian keuangan dimasa yang akan datang .

Ada satu pertanyaan menggelitik , apakah mobil Mitsubishi Lancer Ex yang dikemudikan Dul diasuransikan  all risk ?  Kalau seandainya diasuransikan , apakah perusahaan asuransi mobil yang menjual polis asuransi mobil ke Ahmad Dhani akan menolak mengganti klaim kerusakanan mobil karena kecelakaan dengan alasan pelanggaran hukum juga ?  Ini hanya sebuah pertanyaan yang terus muncul dikepala saya.

Pada dasarnya asuransi jiwa pasti akan menolak membayar klaim jika kita sebagai nasabah berbohong saat ikut asuransi jiwa , misalnya sudah terkena penyakit TBC namun tidak mengakui saat membeli polis asuransi jiwa . Hal ini wajar ditolak klaimnya .

Pada dasarnya asuransi jiwa pasti akan menolak membayar klaim jika kita sebagai nasabah melakukan kejahatan asuransi misalnya lagi bokek , pinjam duit dan beli asuransi jiwa dengan nilai proteksi yang besar dan kita lalu memotong jari tangan kita sendiri misalnya kelingking seperti praktek Yakuza di Jepang dan kemudian melakukan klaim cacat kehilangan jari .  Tentunya praktek seperti itu lazim dilakukan oleh orang yang sudah gelap mata .  Hal ini wajar ditolak klaimnya.

Asuransi jiwa menolak membayar klaim kecelakaan karena melanggar hukum ?  Apakah ini wajar dilihat dari kacamata penegakan hukum dan kacamata strategi pemasaran ? Nah definisi melanggar hukum inilah yang sulit untuk dijabarkan terutama di Indonesia .  Klausul atau pasal di polis asuransi jiwa hanya mencantumkan kata kata umum yakni melanggar hukum , lantas detil dari melanggar hukum itu diserahkan kepada penafsiran dari perusahaan asuransi secara sepihak yang belum tentu sesuai dengan praktek sehari hari di Indonesia .

Kecelakaan lalu lintas di Indonesia terutama kecelakaan mobil atau motor pasti mayoritas dikarenakan kecerobohan si pengemudi  dan sebagian besar kecerobohan tersebut pasti karena si pengemudi melanggar hukum  yakni hukum lalu lintas . Jarang sekali terjadi kecelakaan lalu lintas karena pengemudi rem mendadak karena ada kucing menyeberang jalan karena kita tahu kucing dianggap binatang keramat di Indonesia sehingga kucing menyeberang tidak boleh ditabrak namun kalau orang yang menyeberang silahkan senggol .

Dalam sehari hari kita berkendara pasti kita melihat banyak sekali pelanggaran lalu lintas yang merupakan pelanggaran hukum lalu lintas dan bahkan kitapun sendiri sering melakukan pelanggaran lalu lintas juga .

Lantas jika definisi pelanggaran hukum tidak jelas detil nya , tentunya jika kita yang mengalami kecelakaan dan membeli produk asuransi kecelakaan dari perusahaan asuransi jiwa yang sama dengan Ahmad Dhani tentunya klaim asuransi kecelakaan kita akan ditolak juga.

Hampir tidak mungkin  ada  orang yang melakukan kejahatan asuransi dengan sengaja menabrakan mobil atau motornya ke kendaraan lain sehingga menyebabkan si pengemudi luka parah dan juga menyebabkan timbulnya korban korban lain . Masih lebih mudah memotong jari tangan sendiri seperti Yakuza Jepang dan melakukan klaim cacat kehilangan anggota tubuh tanpa merugikan pihak lain .

Hampir tidak mungkin ada orang yang mengalami kecelakaan lalu lintas sebagai pengemudi kendaraan yang berbohong kepada perusahaan asuransi jiwa saat membeli polis asuransi jiwa dan kecelakaan dengan mengatakan bahwa dia sebenarnya mengalami rabun mata berat namun masih nekat membawa mobil , bahwa dia sebenarnya tidak bisa bawa mobil karena Surat Izin Mengemudinya hasil nembak , bahwa dia sebenarnya suka nabrak nabrakin mobil orang karena kebiasaan main bom bom car .

Pastilah jika ada kecelakaan lalu lintas pasti karena ketidak sengajaan dan seperti karakter orang Indonesia pasti setiap musibah selalu berkata untung .  Untung cuma patah tulang dan tidak mati , untung matinya ditabrak orang kaya sehingga ada jaminan ganti rugi yang besar dan jaminan biaya sekolah anak sampai lulus kuliah , untung beli asuransi jiwa sehingga matipun dibayar asuransi jiwa , untung beli asuransi kecelakaan sehingga biaya rumah sakit diganti asuransi jiwa . Itulah karakter orang Indonesia yang optimis dan selalu melihat segala musibah dari sisi positif.

Faktor untung inilah yang tidak terjadi di Ahmad Dhani saat mengajukan klaim asuransi kecelakaan anaknya Dul ke perusahaan asuransi jiwa tempat Ahmad Dhani membeli polis.

Padahal saat anak Ahmad Dhani masuk ke rumah sakit dan Ahmad Dhani menyatakan tenang karena ada perusahaan asuransi jiwa yang akan membayar semua biaya perawatan anaknya , banyak sekali bersliweran pesan pesan di media social dan di bbm atau whatsapp dari agen perusahaan asuransi tempat ahmad dhani membeli polis yang membanggakan perlindungan yang diberikan kepada Dul . Namun setelah muncul pernyataan Ahmad Dhani bahwa klaim asuransi kecelakaan Dul ditolak , agen agen asuransi perusahaan asuransi yang menolak klaim Ahmad Dhani pada diam seribu bahasa dan bahkan mungkin ada yang malu karena sudah berkoar koar sebelumnya.

Benarkan praktek menolak klaim asuransi kecelakaan yang dilakukan perusahaan asuransi jiwa tempat Ahmad Dhani membeli polis asuransi ditinjau dari segi strategi pemasaran ?

Jawabannya adalah :  TIDAK BENAR DAN SALAH BESAR

Saya tidak mengatakan tidak benar dari sisi penerapan prinsip pelanggaran hukum namun tidak benar dari sisi strategi pemasaran dan strategi memenangkan pasar .

Manajemen perusahaan asuransi jiwa yang menolak klaim Ahmad Dhani harusnya melihat kultur dan kebiasaan hidup sehari hari orang Indonesia .  Di Indonesia sangat sulit untuk melihat segala sesuatu melalui kacamata hitam putih .  Kita tidak bisa menilai sebuah tindakan sebagai hitam atau putih berdasarakan peraturan tertulis yang ada karena walaupun terdapat peraturan tertulis tetap saja banyak tindakan dinilai berdasarkan warna abu abu .

Anda tidak percaya bahwa pelanggaran hukum lalu lintas adalah praktek sehari hari di Indonesia ?  Perusahaan asuransi jiwa yang menolak klaim Ahmad Dhani pasti akan menolak semua klaim asuransi jiwa dan kecelakaan yang dilakukan oleh orang Indonesia jika melihat praktek praktek berlalu lintas berikut yang sudah lumrah di Indonesia . Yang membeli polis asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan tentunya bukan kalangan bermobil saja , tapi kalangan pengendara motor dan pejalan kaki juga membutuhkan perlindungan asuransi jiwa dan kecelakaan dan pasti banyak yang membeli polis asuransi  juga.

Manajemen Perusahaan Asuransi jiwa yang menolak klaim Ahmad Dhani harusnya memakai kacamata dan penilaian abu abu jika targetnya adalah memenangkan pasar dan berkompetisi di pasar Indonesia  jika ditinjau dari segi strategi pemasaran .

Inilah praktek berlalu lintas sehari hari di Indonesia dan berdoa lah anda yang sering melakukan praktek praktek berlalu lintas seperti dibawah bahwa anda tidak mengalami kecelakaan karena bisa jadi klaim anda akan ditolak .

Mobil ngebut di tol , petunjuk kecepatan diabaikan . Siapa sih yg di tol Jagorawi bawa mobil dengan kecepatan 80 km , rata rata pasti pernah bawa mobil di kecepatan di atas 100 km per jam dan itu merupakan praktek normal .  Berati siapapun yang bawa mobil di kecepatan di atas 100 km di tol sudah melanggar hukum lalu lintas karena ada papan rambu batas kecepatan .

plimitspeed1

plimitspeed2

Mobil berjalan disisi darurat di jalan tol .

pdarurat

Gambar ini kalau kecelakaan diganti asuransi jiwanya nga ya , soalnya masuk busway dikawal polisi dan lawan arah lagi .  Ayo pakai aturan AAJI dengan dalih polisi melanggar hukum .

http://www.merdeka.com/peristiwa/mobil-patroli-kawal-lamborghini-masuk-jalur-transjakarta.html

buswayseru

Motor lawan arah . Sering terjadi kecelakaan adu  kambing

plwnarah1

plwnarah2

plwnarah3

plwnarah4

plwnarah5

Motor berboncengan lebih dari 2 orang dan tidak pakai helm .

pbonceng1

pbonceng2

Coba perhatikan lingkungan sekitar anda setiap pagi pas jam berangkat sekolah dan jam bubaran sekolah , berapa banyak anak sekolah dibawah umur yang mengendarai motor . Nga mungkin anak SMP punya SIM C , jadi kalau ada kecelakaan pasti tidak diganti asuransi.

anaksekolah

naikmotoranak

Girl_scooter

 

Motor lewat jembatan penyeberangan , gimana ceritanya kalau besi jembatan penyeberangan aus dan motor ambrol ke bawah  atau nga sengaja ngegas sehingga melewati besi pengaman jembatan dan nyungsep ke jalanan dibawahnya ?

pjemb4

pjemb1

pjemb2

pjemb3

pjemb5

pjemb6

Pejalan kaki menyeberang sembarangan tidak di tanda zebra cross atau tidak melalui jembatan penyeberangan .

pnyebrang1

pnyebrang2

pnyebrang3

pnyebrang4

nyebrangmaksa

nyebrerang

nyebrang-jembt

pnyebrang5

Trend terbaru foto speedo meter untuk menunjukkan kecepatan tertinggi saat ngebut dan diupload  ke media social

pspeedo1

pspeedo3

Motor jalan di trotoar

pmotortrotoar

pmotortrotoar1

Lampu Merah diabaikan dan tetap jalan terus

plampumerah

pmtrcross1

pcross2

motor-zebracross

pcross3

maen_hp_dijalur_busway

Jadi tabrakan lalu lintas yang terjadi di Indonesia karena perilaku pengendara yang seenak jidah sudah lumrah .

 

ptabrakan2

ptabrakan

kecelakaanaccd

Sebenarnya praktek anak seumur Dul sudah bawa mobil juga merupakan praktek lumrah di Indonesia karena anak sekarang baru kelas 6 SD saja badannya sudah bongsor karena faktor gizi dan makanan yang lebih dari cukup sehingga sudah pas duduk di jok mobil untuk mengemudikan mobil , apalagi mobil mobil sekarang bertransmisi otomatis sehingga jauh lebih gampang belajar mengemudikan mobil dibandingkan mobil bertransmisi manual .  Apakah praktek semacam ini tidak diketahui sama sekali oleh manajemen perusahaan asuransi jiwa  tempat Ahmad Dhani membeli polis asuransi ? Jangan jangan manajemen perusahaan asuransi jiwa tempat Ahmad Dhani membeli polis pada mandul semua atau pada belum menikah ?

Strategi pemasaran yang terbaik adalah Think Global Act Local . Jika manajemen perusahaan asuransi jiwa pintar melakukan prinsip Think Global Act Local pastilah perusahaan asuransi jiwa tidak akan bersikap kaku menghadapi praktek pelanggaran hukum sehari hari yang sudah mendarah daging di Indonesia . Istilah Think Global Act Local dalam jargon pemasaran dalam bahasa Indonesia populer adalah Dimana Bumi Dipijak, Disitu Langit Dijunjung.  Itulah seni pemasaran.

Saya yakin perusahaan asuransi jiwa tempat Ahmad Dhani membeli polis menolak membayar klaim Ahmad Dhani bukan karena pihak perusahaan reasuransi menolak membayar karena apalah artinya klaim sebesar Rp. 500 juta terhadap kesehatan keuangan perusahaan asuransi jiwa jika perusahaan reasuransi menolak membayar klaim tersebut.  Pertaruhan dari sisi pemasaran tentunya jauh lebih besar dan pastilah perusahaan asuransi jiwa tersebut rela membayar dari kantong perusahaan sendiri .

Saya yakin penolakan ini lebih dikarenakan faktor cara pandang manajemen inti perusahaan asuransi jiwa tersebut yang mungkin notabene adalah warga negara asing yang menerapakan cara pandang yang berlaku di negara asalnya ke dalam praktek sehari hari di Indonesia  sehingga tidak bertindak  Think Global Act Local .

Perusahaan asuransi jiwa tempat Ahmad Dhani membeli polis asuransi mungkin jumawa karena berada di posisi jawara dalam peta perusahaan asuransi jiwa di Indonesia .  Namun di dunia pemasaran , tindakan arogan dan hal kecil terkadang merupakan blunder dan kesalahan yang dapat merontokkan posisi  sebuah perusahaan dalam peta persaingan usaha yang sengit .

Hal ini sudah terjadi di dunia ponsel . Tingkah jumawa dari petinggi perusahaan operating system Windows yakni  Steve Balmer yang menertawakan iPhone dan petinggi perusahaan Nokia Olli Pekka yang meremehkan iPhone membuat mereka menelan pil pahit di tahun 2013 ini dengan rontoknya operating system mobile Windows dan rontoknya ponsel Nokia di pasar dunia.

Dunia ponsel di Indonesia menunjukkan bahwa peringkat perusahaan dalam peta persaingan tidaklah abadi . Dulu jaman masih frekuensi analog AMPS merek yang populer adalah Motorolla , begitu frekuensi GSM hadir di Indonesia maka merek Nokia merajalela , hampir satu dekade kemudian saat frekuensi GSM bisa mengakses data melalui jaringan GPRS / EDGE mulai populer produk Blackberry dan saat jaringan data 3G menuju 4G tersedia maka produk smartphone berbasis touchscreen yakni IOS Apple dan produk smartphone berbasis Android terutama Samsung merajai pasar . Kalau dilihat pemasaran itu dinamis sifatnya dan ditentukan oleh cara pandang manajemen inti perusahaan dari menyikapi  perilaku konsumen dan perubahan perilaku konsumen serta dapat meramalkan harapan konsumen dikemudian hari .

Video petinggi Microsoft menertawakan iPhone saat pertama kali muncul :

Akankah pergeseran posisi yang terjadi di dunia gadget ponsel dapat terjadi di dunia asuransi jiwa di Indonesia ?  Jawabannya adalah YA jika melihat sikap perusahaan asuransi jiwa yang menolak membayar klaim Ahmad Dhani .  Entah hal itu akan terjadi dalam waktu dibawah 5 tahun ataukan di atas 5 tahun , namun yang pasti akan terjadi .

Ahli Pemasaran yang jago dan lihai adalah ahli pemasaran yang bijaksana menyikapi perilaku konsumen yang menjadi target pasar .

Coba pikirkan anda sebagai pembeli polis asuransi kecelakaan terlepas dari apakah anak anda melanggar hukum lalu lintas saat membawa mobil , jika sampai mengalami kecelakaan seperti anak Ahmad Dhani tentunya anda mengatakan anda mengalami musibah dan saat mengalami musibah berapapun uang yang bisa anda peroleh tentunya anda syukuri .  Coba tempatkan diri anda di posisi Ahmad Dhani .  Jika anda bisa menempatkan diri anda di posisi Ahmad Dhani maka saya jamin anda yang duduk di manajemen inti perusahaan asuransi jiwa di Indonesia pasti akan sukses memenangkan pasar asuransi jiwa di Indonesia .

Di Singapura yang terkenal ketat hukumnya dan warga Singapura terkenal disiplin dan taat hukum juga sering terjadi kecelakaan lalu lintas.  Sebuah kejadian kecelakaan lalu lintas yang menjadi berita heboh di Singapura terjadi di bulan Mei 2012 yakni sebuah Ferrari ngebut menerobos lampu merah dan menabrak sebuah taksi dan korban meninggal adalah si pengemudi Ferrari dan supir taksi serta penumpang taksinya . Alhasil perusahaan asuransi tempat si pengemudi Ferarri membeli polis menolak membayar klaim dengan alasan pelanggaran hukum oleh pengemudi Ferrari karena ngebut dan melanggar lampu merah.  Hal ini menjadi polemik dan perseteruan berlangsung dengan hasil akhir perusahaan asuransi membayar klaim keluarga pengemudi Ferrari .

Silahkan search di Google kata kata ” ferrari crash in singapore insurance ” jika anda ingin mengetahui kisahnya dan untuk video kejadian yang terekam kamera di Singapura sehingga perusahaan asuransi menolak membayar klaim pengemudi Ferrari silahkan tonton video dibawah ini :

Kalau masalah alasan anak dibawah umur mengemudi mobil melanggar hukum dan tidak diganti klaim asuransinya , maka berarti di China perusahaan asuransi pasti untung karena menerima uang penjualan polis namun tidak perlu membayar klaim asuransi . Kenapa ?  Karena di China banyak orang gila yang membiarkan anak kecil mengemudi mobil bahkan anak berusia balita .

Foto anak berusia balita mengemudikan mobil di China :

panaknyetir

Video Anak Balita mengemudikan mobil di jalan raya  bebas hambatan di China :

Jika anda pemilik usaha yang sudah berdiri lama bingung harus memulai dari mana menghadapi persaingan dengan pesaing baru yang lincah mengadopsi teknologi dan tren terbaru , silahkan hubungi saya atau email ke  info@konsultansolusi.com  , saya siap berdiskusi dan saling berbagi pengalaman , ide dan pencerahan untuk membuka pikiran anda.

http://www.konsultansolusi.com

Comments on: "Perusahaan asuransi Jiwa tidak mau membayar klaim asuransi kecelakaan Dul , anak Ahmad Dhani , Blunder Strategi Pemasaran ?" (1)

  1. Wah hebat sekali berarti anda sangat mendukung hal2 salah jika dilakukan terus menerus dan menjadi kebiasaan banyak orang maka akan menjadi benar. Jadi gak perlu repot2 merubah atau membenarkan. Cara berfikir yang indonesia banget menurut saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: