Cara Berpikir Menentukan Suksesnya Perusahaan

Ada satu fenomena yang sedang muncul di Indonesia yakni maraknya toko susu yang mendadak bertebaran di kota kota besar bahkan sampai di kota kota kecil di Indonesia.

Artikel toko susu ini memberikan penjelasan secara blak blakan tentang seluk beluk bisnis toko susu , untung rugi bisnis toko susu,prospek toko susu.  Anda tentu ingin tahu seluk beluk toko susu, untung rugi toko susu.

Bagi yang mau buka toko susu , please jangan hubungi saya melalui email ataupun no hp untuk bertanya prosedur buka toko susu , bertanya modal yang dibutuhkan dan berbagai pertanyaan cara berbisnis susu.   Saya tidak berbisnis toko susu dan saya menulis artikel ini hanya untuk memberi gambaran pahit dan dukanya berbisnis toko susu . Kalau setelah membaca artikel ini anda masih berteguh hati membuka toko susu berarti anda adalah entrepreneur sejati yang siap mencoba berbisnis toko susu walaupun sudah tahu berbagai resiko yang akan terjadi.  Kesuksesan bisnis selain kerja keras dan modal , juga dipengaruhi faktor luck dan siapa tahu anda yang meneguhkan hati tersebut sukses karena faktor luck .

Bagaimana prospek bisnis toko susu ?  Buka toko susu bisa kaya tidak ?  Peluang usaha toko susu ok ngak ? Bisnis toko susu layak ngak ? Rahasia toko susu sukses itu apa sih ? Modal toko susu besar ngak ? Buka toko susu gampang ?Mau buka toko susu ? Bisnis toko susu gampang ? Bisnis toko susu pasti untung ? Untung buka toko susu ? Untung toko susu ?  .  Semua pertanyaan tentang toko susu tersebut pasti sering mampir ke pikiran ibu ibu rumah tangga yang memiliki balita karena semua ibu rumah tangga pasti ingin berbisnis dan bisnis toko susu pasti paling banyak mampir di pikiran ibu rumah tangga karena anaknya yang berusia balita pasti minum susu dan ibu rumah tangga pasti berpikir bisnis toko susu yang paling mungkin dijalankan .

Toko susu tersebut umumnya khusus menjual susu bubuk kemasan segala merek untuk segala usia dengan harga yang bersaing bila dibandingkan dengan harga supermarket ataupun minimarket.

Kenapa hanya susu bubuk ? Karena susu yang umum diminum anak dari bayi sampai remaja adalah susu bubuk . Silahkan tonton iklan di TV dari pagi sampai malam , pasti ada iklan susu bubuk dengan iming iming bervitamin sekian jenis untuk pertumbuhan otak dan kecerdasan atau untuk membuat tulang kuat dan badan tinggi . Padahal sapi yang memproduksi susu belum tentu tulangnya kuat karena berdiri diatas 4 kaki bukan 2 kaki seperti kita manusia dan sapi nga mungkin bertambah tinggi walaupun si sapi yang memproduksi susu. Tapi itulah jagonya marketing .

Susu bubuk populer di Indonesia karena infrastruktur darat yang masih jelek dan pusat distribusi peternakan sapi perah yang tidak merata di Indonesia sehingga lebih mudah mendistribusikan susu bubuk keseluruh Indonesia padahal susu cair segar yang sebenarnya jauh lebih baik dan berkualitas. Di luar negeri susu sapi segar yang diminum dari usia balita sampai usia jompo . Pada dasarnya hampir semua pabrik susu ( kalau mau disebut secara statistik hampir 100 persen pabrik susu ) yang memproduksi susu bubuk berlokasi dan terpusat di pulau Jawa sehingga praktis distribusi susu bubuk dilakukan dari pulau Jawa ke semua wilayah Indonesia. Demikian halnya juga dengan pabrik popok bayi juga semuanya terkonsentrasi di pulau Jawa

tokosusu
Pada dasarnya omzet setiap toko susu yang bertebaran pasti akan melebihi angka Rp. 600 juta rupiah per tahun alias beromzet rata rata Rp. 50 juta rupiah per bulan karena harga susu bubuk terutama susu bubuk untuk balita rata rata mencapai angka ratusan ribu rupiah per kaleng.
Bisnis toko susu adalah bisnis yang padat modal dengan tingkat persentase keuntungan yang rendah.

Padat modal karena jika suatu toko susu sudah berjalan dan mulai memiliki pelanggan , maka si pemilik toko susu harus menambah modal untuk melengkapi barang dagangan susu dari segi merek dan ukuran kemasan . Di Indonesia beredar banyak sekali merek susu bubuk dengan aneka kemasan sehingga kalau untuk melengkapi semua merek tersebut dalam satu toko susu mungkin dibutuhkan modal mencapai angka miliaran.

Margin laba dan persentase keuntungan toko susu sangat rendah , umumnya dibawah 5 persen karena ciri khas yang membuat orang belanja di toko susu adalah harga bersaing sehingga toko susu harus berusaha memberi harga dibawah harga supermarket ataupun minimarket.
Tidak ada susu bubuk palsu di Indonesia karena semua susu bubuk di Indonesia pasti diproduksi oleh pabrik susu resmi sehingga semua produk susu bubuk yang dijual di toko susu pasti asli.
Bagaimana mungkin toko susu bisa bersaing dengan supermarket ataupun mini market kalau begitu ?

Jika dilihat syarat modal besar dengan margin laba kecil namun produk boleh ditukar menjelang kadaluarsa tentunya bisnis toko susu ini layak dijalankan karena anti rugi . Namun pada kenyataannya benarkah ?

Susu bubuk pada dasarnya memiliki masa kadaluarsa 2 tahun dari tanggal produksi . Konsumen umumnya sudah emoh dan tidak mau membeli produk susu bubuk terutama susu bubuk untuk bayi dan anak jika sudah mendekati 6 bulan menjelang masa kadaluarsa . Setiap pabrik susu bubuk ataupun distributor susu bubuk memberikan garansi penukaran produk yang mendekati masa kadaluarsa dengan produk baru kepada pedagang. Namun aturan penukaran produk tersebut tidaklah mudah karena harus melakukan pembelian melalui distributor resmi dari pabrik susu bubuk tersebut dan juga memperhatikan rasio jumlah produk susu bubuk yang ditukar dibandingkan dengan repeat order. Misalnya jika anda memiliki 20 kaleng susu bubuk yang mau ditukar karena mau expired dan anda hanya melakukan pemesanan baru sebanyak 30 kaleng susu bubuk , maka mungkin anda hanya boleh menukarkan sebanyak maksimal 5 kaleng saja susu bubuk yang sudah mau expired dengan susu bubuk baru .

Pabrik susu bubuk melalui distributor resmi umumnya memiliki 2 divisi yakni divisi traditional market  dan divisi modern market . Divisi pasar tradisional mencakup toko susu toko susu yang bertebaran seperti jamur dimana mana dan divisi modern market adalah jaringan minimarket,supermarket dan hipermarket . Pabrik susu bubuk melalui distributor resmi mereka juga memberikan harga yang berbeda jika melakukan pemasaran ke traditional market dan pemasaran ke jaringan modern market . Harga dan promosi yang diberikan ke channel toko traditional market umumnya kalah bersaing dibandingkan dengan harga yang diberikan ke channel modern market .

Kebijaksanaan pabrik susu dan distributor resmi susu melalui divisi traditional market dan modern market dengan perlakuan  harga dan promosi yang berbeda antara traditional market dan modern market juga berlaku untuk produk popok bayi . Jadi jika toko susu juga menjual popok bayi dipastikan sistem distribusi dan cara memperoleh popok bayi untuk dijual dengan harga lebih murah dibandingkan harga supermarket dan minimarket juga 100 persen mirip dengan cara memperoleh susu bubuk untuk dijual di toko susu dengan harga lebih murah dibandingkan supermarket atau minimarket.

Di pasar sering terjadi promosi harga khusus dan hadiah yang diberikan oleh jaringan modern market dan tidak dapat dilakukan oleh traditional market karena volume pembelian dari jaringan modern market jauh lebih besar dibandingkan volume traditional market karena jaringan modern market hanya dikuasai oleh beberapa perusahan sedangan traditional market terdiri dari ribuan pemilik toko yang berdiri sendiri sendiri .
Alhasil jika sebuah jaringan modern market seperti jaringan supermarket yang tersebar di seluruh Indonesia melakukan promosi harga dan hadiah atas suatu merek susu bubuk maka dipastikan penjualan susu bubuk merek tersebut di semua toko susu yang berada diwilayah jaringan supermarket tersebut berada pasti hancur .

Pada umumnya toko susu tidak bisa menerima kartu kredit tanpa mengenakan biaya penggunaan kartu kredit karena margin laba sangat tipis sehingga transaksi tunai atau kartu debit adalah hal yang paling umum di toko susu.

Kenyataannya bahwa bisnis toko susu feasible dan anti rugi ternyata tidak sesederhana gambaran diatas.

Toko susu umumnya tidak membeli produk susu bubuk dari pabrik susu ataupun distributor susu karena pada dasarnya pabrik susu dan distributor susu tetap memberikan aturan dagang umum yakni volume discount yakni makin besar pembelian makin besar persentase diskon. Jika satu toko susu membeli produk susu bubuk merek tertentu dari satu pabrik susu atau distributor susu untuk memperoleh diskon maksimal , maka toko susu tersebut pasti kekurangan modal untuk membeli produk susu bubuk merek lainnya untuk melengkapi isi tokonya. Hal ini dikarenakan terlalu banyak merek susu bubuk terutama untuk usia bayi sampai usia balita yang beredar di Indonesia.

Alternatif yang terjadi adalah toko susu membeli susu bubuk dari pedagang besar yang memiliki persediaan susu bubuk berbagai merek dengan harga diskon yang hampir mendekati level maksimal seperti yang diberikan oleh pabrik susu atau distributor susu untuk pembelian dalam skala besar walaupun membeli dalam jumlah kecil . Alternatif lainnya adalah si pemilik toko susu memborong susu bubuk promo saat jaringan supermarket atau hipermarket melakukan promosi harga dengan menggunakan kartu kredit . Biasanya promo jaringan ritel modern seperti supermarket atau hipermarket memiliki aturan maksimal pembelian per orang sehingga anda harus mengakali aturan tersebuk dengan membawa beberapa orang ikut belanja atau bolak balik ke kasir .  Minimal jika ada promo harga susu bubuk di supermarket atau hipermarket, pemilik toko susu mendapatkan untung besar dengan membeli dulu dalam jumlah besar menggunakan kartu kredit saat promo supermarket atau hipermarket dan menjual dengan harga lebih tinggi saat promosi supermarket atau hipermarket sudah berakhir dan karena menggunakan kartu kredit minimal masih untung lagi dari point kartu kredit yang berhasil dikumpulkan .  Jadi sebagai pemilik toko susu harus memiliki kartu kredit yang bekerjasama dengan jaringan supermarket atau hipermarket yang melakukan promosi agar untung diskon dan untung point kartu kredit .

Syarat pembelian dari pedagang besar tersebut pasti tunai karena tingkat harga murah yang diberikan.

Syarat pembelian dari pedagang besar tersebut adalah tidak dapat ditukar kalau menjelang kadaluarsa karena pedagang besar susu tersebut belum tentu memperoleh susu bubuk tersebut dari distributor resmi . Pembelian susu bubuk yang dilakukan di jaringan ritel modern seperti supermarket atau hipermarket saat promosi harga khusus juga tidak dapat ditukar kalau ternyata menjelang kadaluarsa barang dagangan kita tersebut belum laku juga.

Pola bisnis pabrik susu bubuk dan distributor susu bubuk adalah volume discount yakni makin besar pembelian maka makin besar diskon dengan memberikan tempo pembayaran 1 minggu untuk traditional market dan tempo pembayaran lebih dari 1 minggu untuk jaringan modern market. Yang mampu melakukan pembelian dalam volume besar untuk mendapatkan diskon maksimal adalah ritel modern seperti hipermarket,supermarket,jaringan minimarket.

Jaringan ritel modern ini pasti selalu memesan produk susu bubuk diatas kemampuan mereka menjual di jaringan ritel modern mereka untuk memperoleh diskon maksimal. Kelebihan pesanan produk susu bubuk dari pabrik susu bubuk atau distributor susu bubuk yang tidak mampu mereka serap itulah yang dijual ke pedagang besar yang memborong secara tunai. Jadi pada dasarnya pabrik susu ataupun distributor susu belum tentu mengenal pedagang besar tersebut.

Dikarenakan pembelian produk susu bubuk oleh toko susu terhadap pedagang besar dan bukan kepada pabrik susu atau distributor susu , maka toko susu tidak memiliki hak untuk menukarkan produk susu bubuk yang menjelang kadaluarsa ke pabrik susu bubuk atau distributor susu bubuk . Pabrik susu bubuk atau distributor susu bubuk tidak mengenal toko susu tersebut sebagai pelanggan mereka .

Mayoritas pembelian toko susu adalah dari channel pedagang besar dan hanya sedikit porsi pembelian susu bubuk yang berasal dari distributor susu bubuk atau pabrik susu bubuk karena diskon dari pabrik susu bubuk ataupun distributor resmi susu bubuk tidak bisa bersaing dengan harga yang ditawarkan pedagang besar.

Jika dengan margin laba yang rata rata dibawah 5 persen dan tidak boleh menukarkan produk susu menjelang kadaluarsa ke produsen susu bubuk dan  masihkan bisnis toko susu layak dijalankan kalau dikenakan pajak ukm ?  Yang terjadi adalah harga jual menjadi tidak bersaing dengan ritel modern dan bahkan menderita rugi kalau harus memberikan diskon dengan merogoh kocek sendiri sehingga akhirnya memakan modal usaha.

Belum lagi ditambah dengan peraturan terbaru pajak UKM yang mengenakan pajak 1 persen atas omzet jika masih beromzet dibawah 4,8 miliar rupiah per tahun dengan syarat usaha dilakukan di tempat permanen .

Rata rata toko susu pasti beromzet dibawah 4,8 miliar rupiah per tahun dan pasti melakukan usaha di tempat permanen seperti kios . Tidak mungkin ada yang buka toko susu dengan model warung tenda.
Dengan laba yang sangat minim dibawah 5 persen , rata rata berkisar 2 persen sampai 3 persen , bisakah toko susu bertahan dan survive jika masih dipungut pajak UKM sebesar 1 persen dari omzet.

pajakukm1

Belum lagi jika anda menjalankan toko susu dengan pola bossy alias mau jadi boss saja , dengan mempekerjakan karyawan untuk menjaga toko susu . Bisa bisa laba anda yang sudah setipis rambut bisa habis dan minus karena membayar karyawan dan juga produk susu bubuk anda di toko bisa saja hilang karena karyawan bukanlah pemilik toko sehingga pasti agak cuek terhadap unsur keamanan toko dari maling dan bisa juga si karyawanlah yang merupakan malingnya. Jika untung toko susu sudah tipis , hilang 1 kaleng susu bubuk bayi saja mungkin sudah membuat kerugian karena 1 kaleng susu bayi harganya diatas 100 ribu rupiah per kaleng .

Jika anda yang memutuskan untuk menjaga toko susu tersebut sendiri , bisa bisa keluarga anda yang berantakan ? Tidak percaya ? Toko susu kalau murah pasti ramai , anda bisa bisa harus jaga toko dari pagi sampai malam sehingga mempercayakan anak anda diurus oleh pembantu / suster atau saudara anda . Kalau bisnis beromzet besar labanya besar , keluarga berantakan tidak masalah karena masih dikompensasi untung besar , namun kalau bisnis beromzet besar labanya kecil , keluarga berantakan , itu namanya bodoh sekali.

Untuk membuktikan bahwa apa yang ditulis di konsultansolusi.com tentang seluk beluk bisnis toko susu ini benar atau tidak , silahkan anda membuka usaha toko susu dan anda silahkan menyanggah isi tulisan toko susu di konsultansolusi.com ini jika ternyata anda tidak membutuhkan modal besar saat bisnis toko susu anda semakin ramai , jika ternyata untung dari bisnis toko susu ternyata besar , jika bisnis toko susu ternyata tidak membuat anda alpa menjaga buah hati anda karena sangat menyita waktu, jika bisnis toko susu ternyata anti rugi kalau produk susu anda tidak laku dan dapat ditukarkan, jika bisnis toko susu ternyata dapat dijalankan dengan cara mempekerjakan orang tanpa terlibat langsung dan masih untung besar,jika toko susu anda mendapat pasokan utama dari distributor resmi susu bubuk dan anda bisa bersaing dengan harga jaringan ritel modern seperti supermarket dan hipermarket, jika anda tidak ikut belanja di jaringan ritel modern seperti supermarket atau minimarket saat ada promosi harga murah produk susu bubuk dan menjualnya saat promosi di jaringan ritel modern sudah berakhir, jika tidak ada satupun produk susu bubuk anda yang expired dan kadaluarsa di toko anda yang menyebabkan anda rugi karena tidak dapat ditukarkan dan tidak dapat dijual ke konsumen lagi, jika anda sebagai pemilik toko susu dapat menerima pembayaran konsumen yang menggunakan kartu kredit tanpa mengenakan biaya tambahan penggunaan kartu kredit ,jika anda sebagai pemilik toko susu yang hidup murni dari usaha toko susu dapat hidup mewah tanpa terjerat hutang bank atau hutang kartu kredit dengan tinggal di rumah mewah, mengendarai mobil mewah .  Silahkan sanggah di kolom komentar di artikel toko susu ini.

Jika anda stress dan bosan karena tidak memiliki kegiatan apapun padahal punya banyak uang dan ingin berbisnis hanya sekedar iseng dan mencari kesibukan saja dan mungkin anda senang untuk sibuk sekali dan bersedia menanamkan modal yang semakin lama semakin besar tanpa memperdulikan untung atau tidak , maka bisnis toko susu sangat cocok untuk anda .

Jika anda pemilik usaha yang sudah berdiri lama bingung harus memulai dari mana menghadapi persaingan dengan pesaing baru yang lincah mengadopsi teknologi dan tren terbaru , silahkan hubungi saya atau email ke  info@konsultansolusi.com  , saya siap berdiskusi dan saling berbagi pengalaman , ide dan pencerahan untuk membuka pikiran anda.

http://www.konsultansolusi.com

Iklan

Comments on: "Buka Toko Susu ? Anda yakin bisnis toko susu layak untuk dijalankan ?" (29)

  1. TS-nya pasti usaha toko susu juga tapi gak mau ada saingan 😀

  2. tong kosong nyaring bunyinya

    saran saya , terapkan ilmu padi ya 🙂
    atau takut saingan bertambah ? 😀

  3. Eh, maap cuma bercanda kok.ga usah ditampilkan ya

  4. mir wan said:

    ada betulnya juga…modal 200.000 untung g sampe 10.000

  5. semua usaha layak untuk dijalankan, asal halal, yang terpenting cintai prosesnya dan terus berinovasi.

  6. Dongo sekali said:

    ne mah bisa2nya TS aja, liat donk kerjaan dia apa, KONSULTAN, otomatis dia nyari2 segi kejelakannya aja, positifnya ga disebutin LOL…

    SUSU itu brg cepet muter, emg untung kcil tp u liat dengan modal 100rb untung 10rb, itu brp x muter, beda sama u jual barang tersier yg sekali untung ratusan ribu, pertanyaan 1 aja, emg org beli trus?? Bodoh sekali jadi konsultan masyooloh,

    gw ks contoh lagi, org jualan teh botol, satu teh paling untung brp ratus perak, trus u ngmng itu untung dikit? u liat dia muter brgnya seberap cepet.

    Jadi konsultan subjektif, gmn org mau percaya.. mikirnya jelekin duit org trus suruh org konsultasi, chao cibay juga.

  7. hehee.. pake logika aja bos, klo emang itu jualan susu ga feasible, uda pasti ga ada orng yg jualan susu. untung kecil gede bkn tujuan tp ente ada passion ga disitu, klo lo seneng dagang ya knp ngga? tp klo lo senengnya dpt duit dr ngajarin orng ya itu passion ente. bagus sih artikelnya tp lucunya di kalimat terakhir lo malah jualan, orng tadinya respect baca artikel lo, malah jd males pas liat endingnya… dr situ da kliatan kualitas ente hehe…

  8. aneh ini ts ngakunya konsultan kok negatif nya doang yang ada positif nya mana ? jangan-jangan emang ada udang di balik bakwan

  9. pedagang susu said:

    TS kl belom pernah terjun lansung gak usah banyak koar koar gak guna..ane buka toko susu jadi ane tau..yg penting bisnis itu otak d puter..bukan lidah d puter trus..gw jual susu emng margin kecil..tp puteran gw cpet..startegi gw buat bayar karyawan n operasional per bulan dengan manfaatkan tiap merk susu yg masuk d toko gw..gw minta sewa gondola..lo tau tiap bulan dr gondola it aj gw bsa dpet brapa..dan lo tau merk susu it ad braa banyak..pake otak kl bkin thread..malu2in mau konsul ke lo..gk bkal ad solusinya..yg ad rugi trus..

  10. YANG PENTING DISTRIBUTOR RESMI PRODUK SUSUNYA DIMANA.. gITULOH NGGAK ADA YANG TAU PERCUMA,,, PREET !

  11. konsultan>>>cuma bs ngemeng doank….

  12. Sejatinya, Usaha apapun jualan apa pun, klw gk menguntungkan. Gak bakalan dia lanjutin.
    1. Contoh kayak orang jualan rokok atau pulsa elektrik. Gw tau untungnya tipis.
    Tp karna itu sudah jadi kebutuhan. Kan perputaranya cepet. Pasti menguntungkan. Namanya jg kebutuhan

  13. Usaha yang berbasis volume pastilah ada hasil, Bagaimana dengan jual sayur mayur. Nah cara nya adalah mulai dengan kecil dan pilih lokasi yang baik serta buat terlebih dahulu SOSTAC nya sebelum mulai usaha

  14. Junianto said:

    Setelah baca2 jadi pengen ikutan komen. Ini yg buat artikel masih amatiran banget dalam dunia bisnis. Gk usah jauh2 liat aja toko kelontong sembako. Uda keliatan cuan kecil tp knp masih jalan ya? Orang jualan beras timbun sampe banyak2. Sampe sewa2 orang buat angkut kesana sini knp masih survive? Jadi konsultan harus subyektif. Sebutin + – nya bkn – aja. Klo dalam kasus begini yg di cari itu omset. Untung kecil omset banyak jg pasti jd gede untungnya. Blm lagi pasti ada bonus dr pihak supplier kalau mencapai target. Payah ini konsultan gk ngerti apa2 tapi berkoar2 seolah ngerti bgt haha..

  15. Pagi semua…
    Betul apa yg di katakan bapa2 ini/comment.
    Bahwa kalo berjualan/ berniaga.
    Kerja keras, jujur,halal,cerdik (bukan licik).
    Kalo kita dah takut ini takut itu. Ga akan pernah tau, coba dulu dan berhitung.
    Jualan susu memang lg boming, kalo pun nanti ga boming lg. Minimal kita dapet ilmu nya, Jangan takut gagal empunya ayam KFC dulu banyak gagalnya. Sekarang wiiiiiihhhh ngeri duitnya.

  16. sang ratu adil said:

    bapa bapa dan ibu ibu sekalian yg sudah membaca artikel ini,,pada dasarnya yg nulis artikel ini pedagang susu yg licik kemungkinan beliau ini pedagang yg takut tersaingi..maju terus entrepreneur buka peluang usaha sebanyak mungkin biar ekonomi di negara kita terus maju..

  17. TOKO RAYU - GorontaLo said:

    Ass
    SaLam kenaL untuk para komentar semua,
    Aku suka isi artikeL ini TAPI makin kebawah gw baca makin ga benner semua.

    “Syarat pembelian dari pedagang besar tersebut adalah tidak dapat ditukar kalau menjelang kadaluarsa karena pedagang besar susu tersebut belum tentu memperoleh susu bubuk tersebut dari distributor resmi . Pembelian susu bubuk yang dilakukan di jaringan ritel modern seperti supermarket atau hipermarket saat promosi harga khusus juga tidak dapat ditukar kalau ternyata menjelang kadaluarsa barang dagangan kita tersebut belum laku juga.”

    Aku tidak setuju soaL syarat pembeLian yang ga bisa dituker,
    aku pedang susu jd aku tau mainan distributor sampai hipermarket,
    aku beLanja susu Lewat distributor,kLo susu 6 buLan sebeLum expire sudah aku retur (potong nota atau tukar guLing),
    Aku pernah beLanja di Hypermart pas Lagi promo,ketika susu yg aku beLi di Hyper expire ya aku tuker Lg aja ke distributor..

    Ditoko saya hampir semua gondoLa disewa pajangan sama distributor SUSU & POPOK,
    hampir setiap hr toko saya penuh sama MD yang suka periksa pajangan aLias periksa GondoLa & and gondoLa yang distributor sewanya perbuLan,
    Untuk area gorontaLo aja sewa and gondoLa Rp.500’000/buLan,
    Dan distributor nyewain and gondoLa Lebih dr 6 buLan.
    BeLum Lagi sewa pajangan popok & bubur bayi. Kan Lumayan

    ALhamduLiLLah seLama saya juaLan kebutuhan ibu & anak gada ribbetnya,
    SeLama kita mencintai pekerjaan & mencintai proses (insyALLAH) ada hikmahnya.

    Jujur, juaLan kebutuhan ibu & anak itu LUMAYAN MENGUNTUNGKAN,kenapa?? Karena angka ibu meLahirkan diindonesia pertahunnya mencapai 4jt Lebih.
    Saya sebagai pedagang susu,menyarankan buat bapak ibu yang memiLiki anak,usahakan anak bapak ibu mendapatkan susu asi excLusive,saya sangat mendukung program pemerintah indonesia.

    *maaf jika komentar saya jeLek hehehe*
    Yang mau kenaLan atau ngobroL seputar susu popo atau berbagi cerita siLahkan ke kontak yang dibawah yaaa,saya paLing suka ngobroL sesama pedagang (serius)

    • Salam kenal..
      Saya sementara berpikir untuk terjun ke bisnis penjualan kebutuhan bayi seperti susu, bubur dan popok.
      Sy mau tanya kira2 untuk modal awal untuk buka usaha ini kisaran berapa utuk skala menengah.
      Trus pengajuan penyewaan gondola ke principal gimana ya.
      Jika berkenan membagi tipsnya mohon emqil saya ke roy.nathsir@gmail.com
      Thanks

    • salam kenal saya kris,
      bisa share kontak para MD? krn saya berniat mau buka usaha susu dan popok, dan saya posisi surabaya.
      bisa di email chirsit@gmail.com
      terima kasih.

    • Sususehat100 said:

      Toko Rayu: assalamu’alaikum. Saya tertarik untuk buka toko susu. Boleh nyerap ilmunya pak/bu?
      Nomer kontak/email ada Ndak?

    • Ada no hp ato email.kebetulan saya akan memulai usaha baby shop jd perlu tanya2 n sharing pengalaman klo boleh..trimakasih

    • Arfan indra saputra said:

      Aslmkm..
      Salam kenal sy Arfan sy berniat bisnis toko susu popok dll,klo berkenan sy ingin bertny terlbih dahulu.krn sy pemula msh blm bnyk paham soal bisnis ini.sy tgl dijkrt yg ingin sy tnykan adalah kira2 brp modal awal usaha ini utk pembelian produk dll serta dmn kita dpt mendptkan produknya? Bisa tlg dishare contact nya? Bgmn sistem sewa gondola nya? Mohon email ke putra_nacha83@yahoo.com thanks

    • Mbak boleh mntak kontaknya gak ? Bnyak yg mau saya tanyain nih

    • Kak gmn cara buka toko susu untuk pemula blh donk kak share ke irilkhoiril5@gmail.com

    • Mana nomor kontaknya bro?banyak yg saya mau tanyakan sputar usaha

  18. saya tertarik untuk komentar, secara ratio memang kalau keuntungan toko susu kecil, anggap hanya 5% kalaupun bersih-bersihnya hanya 2-3%. tapi cob akota hitung.
    modal susu misal 200.000 berarti bersihnya adalah 4.000 untuk 1 items product.
    pengalaman saya, untuk anak usia 2tahun 1 kaleng susu hanya mampu bertahan 5hari. berarti dalam 1 bulan dia konsumsi sebanyak 6kaleng dalam sebulan.
    6×4.000=24.000
    diasumsikan dalam 1 hari 1org pembeli. berarti dalam 30hari = 30 x 24.000= 720.000 (keuntungan bersih 2%)
    ingat itu hanya untuk 1 items product saja.
    dan ini adalah pahit2nya dalam dagang. kalau harga kita lumayan bersaing dengan modern market, service kita memuaskan. dan tentu items didalam beraggam. apa ini bukan suatu bisnis yg menjanjikan?
    bagi saya seorang pedagang. untung 100 rupiah menjadi dasar untuk ttp berusaha.
    susu merupakan product fast moving.
    mohon kiranya sebagai konsultan, anda harus melihat dari kedua sisi. disertai dengan perhitungan yg matang.
    mungkin anda hanya konsultan, bukan berjiwa seorang pedagang atau pengusaha.

  19. belum kelar bacanya…..lelah. Dari awal ampe mo paragraph akhirnya keknya negatif semua. pas baca comment ….oalaaaaa……..ternyata saya yang bener2 new bee, cari2 informasi seputar buka usaha susu bayi…salah masuk sini dan baca artikel pesimistis. terima kasih kepada pemirsah yang comment …..hahahha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: