Cara Berpikir Menentukan Suksesnya Perusahaan

IKEA , perusahaan hipermarket furniture masuk ke Indonesia melalui group Hero . Group Hero berhasil menggenggam lisensi IKEA di Indonesia karena group Dairy Farm yang memiliki Hero juga menggengam lisensi IKEA di Hongkong dan Taiwan.

IKEA Indonesia pertama akan muncul di Alam Sutera, Serpong  di tahun 2014 .

Lokasi IKEA Alam Sutera berada di samping mal Alam Sutera.

Entah kenapa baru tahun 2014 group Hero baru bisa membuka outlet IKEA Indonesia pertama , faktor modal pas pas an barangkali ? Membangun sebuah outlet model IKEA store tidaklah sesulit membangun gedung pencakar langit. China bahkan sanggup membangun gedung pencakar langit 30 lantai dalam waktu 15 hari sudah termasuk interior dan furniture terpasang .

Video China membangun gedung pencakar langit 30 lantai dalam waktu 15 hari:

Ciri utama IKEA yang membedakannya dengan hypermarket furniture yang sudah muncul juga di Indonesia adalah :

–          pensil , selalu tersedia pensil dalam jumlah besar dan kertas di titik titik tertentu di dalam IKEA yang bebas diambil oleh pengunjung yang ingin menuliskan kode produk , ukuran produk dan mungkin gambar layout produk

–          Katalog IKEA yang lumayan tebal , berwarna warni , di cetak diatas kertas berkualitas bagus yang dibagikan secara gratis di dalam outlet IKEA.

Untuk sementara sambil nunggu group Hero yang lelet dalam mempersiapkan IKEA Indonesia pertama di tahun 2014 , anda dapat mendownload katalog IKEA Amerika dalam format pdf .  Ukuran file 52 mb terdiri atas ;

– IKEA Kitchen Dreambook 2013
– IKEA Bathroom 2013
– IKEA Wardrobes 2013
– IKEA BESTÅ storage solutions (BESTA) 2013
– IKEA Catalog 2013

Uploaded:
http://uploaded.net/file/bcan5x2s/All.IKEA.Catalogs.2013.USA.rar

Extabit:
http://extabit.com/file/29fqn0bak163i/All.IKEA.Catalogs.2013.USA.rar

Moga moga Ikea Indonesia tidak pelit dan juga menerbitkan katalog semacam di atas saat IKEA Indonesia beroperasi.

–          Café kecil di dalam IKEA yang menjual bakso swedia , teh , kopi ( bahkan boleh refill gratis di IKEA tertentu di luar negeri ) dan cemilan cemilan

–          Boleh mencoba langsung produk yang dijual seperti sofa , tempat tidur seperti yang terjadi di China .

Pengunjung IKEA di China bahkan tidur lelap di ranjang yang dijual di IKEA tanpa memperdulikan ditonton pengunjung lain seperti foto foto berikut.:

Jika IKEA Indonesia berani dan konsisten menjalankan apa yang menjadi ciri khas IKEA di atas , maka peluang sukses IKEA pasti besar .

Jangan seperti Carrefour Indonesia yang pada awal masuk ke Indonesia mencetak katalog produk cukup tebal dan diatas kertas berkualitas bagus namun akhirnya menurunkan kualitas katalognya dari segi tebalnya dan kualitas kertasnya yang kini menyerupai kertas koran.

Jika Hero Group yakin dan rela pensil pensil yang disediakan di IKEA mungkin diambil pulang oleh pengunjung dan menganggapnya sebagai biaya marketing dan bukan beban kerugian , maka IKEA Indonesia pasti sukses.

Untuk bagian pengunjung yang sampai tidur di ranjang di IKEA China , hal ini tidak mungkin terjadi di Indonesia karena konsumen Indonesia pada dasarnya konsumen yang sopan dan gengsi.  Kan malu kalau dilihat orang tidur ditengah keramaian.

Orang Indonesia pada dasarnya malu kok .

Namun IKEA Indonesia pasti harus menyesuaikan diri dengan karakter orang Indonesia jika mau sukses seperti restoran burger di Indonesia yang mau tidak mau harus menjual nasi dan ayam goreng.

Di IKEA Indonesia harus ada bagian yang memasang furniture yang dibeli di IKEA Indonesia karena orang Indonesia sudah terbiasa dengan menerima furniture yang dibeli dalam bentuk terpasang.  Kebiasaan self service yang menjadi budaya IKEA tidak akan berhasil diterapkan di Indonesia.  Kejadian hengkangnya  Home Depot di China adalah karena Home Depot di China tidak bisa menyesuaikan diri dengan kebiasaan konsumen di sana . Hal ini haruslah diperhatikan IKEA Indonesia.

Di IKEA Indoneia harus ada pelayanan kirim barang sampai ke tempat konsumen.  Di IKEA luar negeri konsumen harus menyewa sendiri kendaraan pengantar produk dengan rekanan yang bekerja sama dengan IKEA dan merupakan biaya di luar harga barang yang dibeli.  Silahkan IKEA Indonesia menerapkan aturan seperti IKEA luar negeri dan kemungkinan besar akan menemui nasib seperti Pusat Grosir Makro yang akhirnya hengkang dari Indonesia.  Margin keuntungan produk furniture pasti jauh lebih besar dari produk consumer goods seperti yang dijual pusat grosir Makro sehingga layak menyesuaikan dengan kebiasaan orang Indonesia jika belanja furniture yakni harga jual termasuk jasa pengantaran sampai ke tempat pembeli. Bayangkan jika harga jual produk furniture IKEA diluar biaya antar yang dihitung berdasarkan jarak km sedangkan outlet pertama berada dipinggiran kota Jakarta yakni di Serpong , bisa gempor jika anda yang tinggal di Jakarta Timur kalau harus membayar ongkos kirim berdasarkan jarak km.

Sukses tidaknya IKEA Indonesia tergantung kemampuan mempertahankan beberapa ciri khas IKEA dan menyesuaikan beberapa ciri khas IKEA dengan kebiasaan orang Indonesia.

Semua orang bisa menjadi ahli pemasaran secara otodidak tanpa harus kuliah dan tanpa harus memperkaya orang orang yang mengaku sebagai ahli pemasaran melalui seminar dan pelatihan untuk menguras kocek anda.

www.konsultansolusi.com

Iklan

Comments on: "IKEA Indonesia bakal sukses atau tidak ?" (2)

  1. Bambang HS said:

    Selamat pagi, hanya mau menanyakan kapan tepatnya IKEA Indonesia mulai operasional & sudah berapa % tahap pembangunan/persiapannya hingga sekarang? Terima kasih. Salam. 20/02/2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: