Cara Berpikir Menentukan Suksesnya Perusahaan

Dahulu adalah suatu kebanggan jika sebuah perusahaan dapat muncul di Yellow Pages karena berarti perusahaan tersebut sudah masuk dalam radar calon konsumen .

Kebanggan muncul di Yellow Pages tersebut saat ini sudah tidak ada lagi .  Dahulu untuk menemukan suatu produk  di Yellow Pages , seseorang harus mencari dulu di daftar isi , jenis usaha atau jenis produk , halaman , huruf  , barulah produk atau perusahaan yang dicari ditemukan .

Dahulu untuk muncul di yellow pages dalam ukuran tertentu ataupun dalam jumlah baris lebih dari jumlah tertentu harus membayar biaya tahunan dan makin besar ukuran tampilan makin mahal pula biaya yang harus dibayar.  Belum lagi penebangan hutan yang terjadi karena tiap tahun kita memperolah  yellow pages dalam bentuk lembaran buku yang tebalnya bukan main  sampai dapat dibuat menjadi ganjalan tempat duduk atau ganjalan menambah tinggi saat foto di studio foto.

( sumber  http://searchengineland.com/is-yellow-pages-becoming-an-obsolete-concept-38752 )

Dengan munculnya internet , maka perusahaan berkewajiban memiliki website  karena saat ini orang mencari produk tidak menggunakan pakem tertentu lagi .  Dahulu saat masih menggunakan yellow pages misalnya kita ingin mencari produk pemadam api maka kita harus mencari di daftar isi dahulu kata “pemadam api” ada di halaman berapa dan ternyata di yellow pages kata “ pemadam api “ dituliskan dengan kata “ tabung pemadam api” sehingga kita diarahkan menggunakan kata “ tabung pemadam api” dan terdapat dihalaman sekian sampai sekian . Semua ada pakemnya.

Dengan website saat ini , jika kita ingin mencari penjual tabung pemadam api , maka kita dapat menggunakan mesin pencari seperti Google dan mengetikkan kata “ pemadam api”, atau “ tabung pemadam api” atau “ tabung extinguisher” atau bahkan “ pemadam kebakaran” . Tidak ada pakem yang mengatur , semua kata pencarian terserah apa yang muncul dari otak kita .

Masalah terbesar di era internet sekarang bukanlah memiliki website belaka . Jika memiliki website sudah cukup maka kita kembali ke jaman yellow pages dimana jika kita sudah muncul di yellow pages maka sudah cukup karena toh yang membutuhkan pasti menemukan kita melalui daftar isi .

Saat ini memiliki website dan muncul di mesin pencari seperti Google adalah dua hal yang berbeda .

Kita tidak dapat mengontrol isi pikiran calon konsumen saat menggunakan mesin pencari seperti Google.  Jika mencari produk semisal pemadam api maka banyak kata yang dapat dipakai seperti contoh diatas.

Masalah utama setelah memiliki website adalah bagaimana caranya muncul di halaman pertama mesin pencari seperti Google.  Isi setiap website pasti masuk ke dalam database mesin pencari seperti Google .  Tapi muncul di halaman pertama mesin pencari yang hanya memunculkan 10 hasil pencarian jika di Google adalah suatu perjuangan yang membutuhkan usaha .

Dahulu jika menggunakan yellow pages maka anda yang memiliki usaha yang memiliki nama perusahaan atau merek yang dimulai dengan abjad “ a “ pasti senang karena pasti muncul di urutan teratas dalam halaman produk anda di lembaran yellow pages atau jika anda memiliki dana besar pasti tenang karena iklan anda pasti muncul dalam ukuran besar atau jumbo di yellow pages.

Namun kondisi saat ini dengan kondisi jaringan internet sudah menjadi bagian dari kehidupan , sedikit sedikit calon konsumen menggunakan internet dan mesin pencari untuk mencari suatu produk atau perusahaan atau bisnis atau usaha.

Jika anda bergerak di bidang konsultan pajak misalnya , jika ada calon konsumen mencari kata “pajak” maka akan ada 47.600.000 ( empat tujuh juta enam ratus ribu ) hasil pencarian kata “ pajak” di Google dan hanya memberikan 10 tempat di halaman pertama untuk pencarian kata “pajak” dari hasil 4.760.000 halaman hasil pencarian Google. Berarti kesempatan untuk muncul di halaman pertama Google adalah 1 banding 4.760.000 untuk kata “pajak”.

Hal ini membuktikan bahwa di era jaringan internet sudah menjadi bagian kehidupan , memenangkan persaingan dalam menjadi 10 besar tenar atau 10 besar ngetop adalah jauh lebih sulit dibanding era yellow pages.

Ada metode yang menggunakan dana untuk muncul di halaman pertama mesin pencari seperti Google yakni Adwords tapi cara ini tidak langgeng dan belum tentu efektif serta kemungkinan membutuhkan budget dana yang besar.

Hanya pengalaman dan kecerdikanlah yang dapat membuat usaha atau produk atau merek atau bisnis anda muncul dalam 10 besar hasil pencarian mesin pencari seperti Google.

Untuk info pengembangan usaha , anda dapat email ke :

konsultansolusi@gmail.com

www.konsultansolusi.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: